dian ariyanto

Begini Caranya, Biar Honda Tiger Muat Pakai Ban Super Lebar Velg 6 Inch

Bagi kalian yang kepingin Honda Tiger / Sejenisnya ingin menggunakan velg dan ban tapak super lebar ala moge. Tentunya harus melakukan beberapa perubahan pada sektor Arm, Tromol, dan tentunya dudukan shock supaya ban nantinya tidak “gesrut” rantai. Seperti yang kalian tau, motor batangan honda keluaran lama memang rada pelit soal rancang bangun kaki kaki. Susah banget di pasangin ban lebar tanpa harus pakai akal akalan.

Apa saja yang perlu di rubah jika honda tiger ingin pakai ban ukuran super lebar diatas 80/120?

Honda tiger modifikasi tapak lebar
Mulustrasi Honda tiger tapak lebar ruji – Sumber foto OLX, Danu

Pertama yang musti diperhatikan adalah velg, kita harus menggantinya dengan ukuran yang lebih lebar. Misalnya mengganti velg belakang dengan ukuran 3.5inch atau 4.5inch atau malah 6inch. Sektor velg ini tidak menjadi masalah berarti jika kalian menggunakan velg Racing, karena pasti lebar tromol sudah disesuaikan sedemikian rupa oleh pabrikan velg aftermarket.

Nap Gear

Namun, jika kalian hendak menggunakan velg model ruji, sudah pasti tromol standart tidak mampu menopang gir ke sisi luar supaya rantai tidak bersinggungan langsung dengan ban. Untuk itu, perlu dilakukan perubahan / penambahan plendes atau sering di sebut nap gear seperti gambar berikut ini :

Sumber : FB Group

Sebenarnya nap gear modifikasi tapak lebar ada yang jual PNP tiger.Namun, jika sulit mendapatkannya kalian bisa pergi ke tukang bubut untuk dibuatkan ganjal gear seperti diatas. Dijamin lebih kuat dan tidak was – was saat diajak touring jauh. Selain nap gear juga perlu ditambahkan ganjal dari bearing / laker bekas yang di papras supaya saat di pasang nantinya baut gear tidak menabrak arm / lengan ayun.

Plendes Cakram

Kalian tidak perlu melakukan perubahan ini jika tidak ingin menggunakan cakram belakang, tentunya harus melakukan perubahan juga di sektor pengait tromol dengan arm harus di rubah juga. Maka dari itu saya lebih memilih pakai cakram belakang untuk velg tapak super lebar. Selain tampilan makin keren, pengereman yang pakem sangat diperlukan mengingat beban menjadi tambah berat setelah pakai ban super lebar.

Lubang baut diskbrake

Ada 3 poin yang perlu diperhatikan dalam membuat plendes / dudukan cakram tromol tapak lebar ini, bahan menggunakan tromol Tiger Lama Tromol.

  1. Cor blok di tukang bubut dan buat dengan ketebalan sesuai yang dibutuhkan, supaya nantinya piringan cakram tidak terlalu mendelep!
  2. Buat drat yang nantinya digunakan untuk baut cakram (foto diatas rencananya menggunakan pengereman tiger revo set) sesuai tipe pengereman yang nantinya akan kalian pasang.
  3. Tambahkan ganjel supaya nantinya baut piringan cakram tidak bergesekan dengan arm.

Sampai disini modif bagian tromol sudah beres, tinggal pergi ke tukang setel velg untuk merakit velg, ruji, dan tromol modifikasi tapak lebar tentunya.

Swing Arm / Lengan ayun / supit

Setelah velg dan ban sudah beres, lanjut ke pengerjaan bengkek arm supaya muat ban super lebar menggunakan bahan swing arm original. Pekerjaan bengkek membengkek ini biasa di kerjakan oleh tukang las kepercayaan kalian. Jika tak mau ribet, bisa membeli arm aftermarket merk kumis / sejenisnya.

Swing Arm model kumis

Tidak perlu saja jelaskan kenapa musti bengkek arm ya, tentunya arm standart tidak mungkin muat di jejali ban super lebar diatas ukuran 60/150.

Dudukan Shock Belakang

Ini juga wajib diperhatikan, karena sudah pakai ban lebar dan arm sudah di bengkek sedemikian rupa pastinya double shock tiger akan terlihat mekangkang jika dipaksakan masuk. Untuk itu perlu di lakukan perubahan pada dudukan shock belakang agar lebih menonjol keluar, hal ini supaya nantinya shock bisa tegak lurus agar fungsinya tidak terganggu dan tetap awet.

Posisi as shock yang perlu dirubah

Jika kalian pakai monoshock, pekerjaan dudukan double shock belakang ini boleh kalian abaikan.

Tiger modif tilas
Sumber : OLX, Danu

Semok oi…!!

Nah, begitulah kura – kura cara supaya Honda tiger kalian muat pakai ban super lebar ala moge. Saya sengaja tidak membahas tentang velg depan. Karena memang velg depan masih kece pakai ukuran 2.5 inch tanpa ubahan apa – apa. Atau jika kalian pengen velg depannya juga lebar, tinggal ubah segitiga komstir dengan yang lebih lebar. Karena, pakai ori bawaan hanya muat maksimal ban ukuran 120an saja.

Ada yang ingin kalian tambahkan? Silahkan tinggalkan komentar.

Update!

Di ingatkan oleh pembaca, yaitu penambahan akseso pendukung supaya gear depan dan belakang tetap center sehingga rantai tidak rawan loncat.

Gear Gendong

Akseso ini wajib hukumnya jika menggunakan ban dengan lebar diatas 150, soalnya dengan ban ukuran 150 saja rantai sudah terlihat melentor / tidak center. Hal ini cukup berbahaya jika digunakan saat perjalanan jauh, apalagi jika kondisi rantai mulai mengendur maka sangat rawan sekali terjadi rantai lompat. Bahaya to?

Penampakan gear gendong untuk tiger revo

Gear gendong ini bisa dibeli secara online, silahkan cari di buka lapak / tokopedia banyak sekali yang jual dengan harga bervariasi tergantung kualitasnya. Soal keamanan, gear gendong model ini sudah terbukti aman dan ampuh menarik ban gambot honda tiger. Tentunya dengan menyesuaikan ukuran mata gir nya sesuai kemampuan mesin motor kalian masing – masing.

Oiya, ada yang tanya lagi “Apakah cara ini bisa di terapkan di motor lain?” Jawabannya adalah BISA! Dengan penyesuaian kondisi dudukan motor masing – masing tentunya.

Bring! BRING!!

Pranala luar :

  1. http://m.olx.co.id/iklan/tiger-revo-2008-modif-tilas-IDl2J5T.html
  2. http://smartf41z.com/2015/03/04/tiger-akhirnya-ganti-velg-aftermarket-nmp-muat-ban-lebih-gambot-loh/
  3. https://jurigkamera.wordpress.com/2013/11/13/tips-memasang-ban-gede-di-arm-standar-tiger/
  4. https://www.ototrend.com/index.php/ototeknik/tips/4429-alternatif-menggeser-gir-depan-agar-rantai-tidak-bergesekan-dengan-ban
  5. http://kendalamotortiger.blogspot.co.id/2015/05/mengatasi-gear-oblak-motor-honda-tiger.html
  • rizky

    Pertamaxxxx

    • Dian Ariyanto

      Joz lek, berapa seliternya? Haha

  • Sasono

    Aku mah opo, cuma anak mama .. 🙁

    • Dian Ariyanto

      Haik haik… kabeh ya lahir seko mak e to lek? Haha sopo sing wani ngaku lahir seko bapak? :mrgreen:

    • Dian Ariyanto

      Lagi ngeh yen maksudmu enemak :mrgreen:

  • ahmad arohman

    Maap melenceng ni bos
    Solusi untuk Rante tirev saya berisik bos
    Matur sewun

    • Dian Ariyanto

      Ganti gearset pakai punya megapro / aftermarket yang sudah pakai model “O ring” dijamin sepi. Tapi bukan tiger namanya kalau tidak berisik 😀

Bagaimana menurut anda?