dian ariyanto

Wifi Extender – Perangkat Mungil Tepat Guna

Wifi+ Salah satu perangkat mungil yang paling membantu saya kalau ingin kerja sambil nyantai di teras. Wifi extender namanya atau ada yang menyebutnya sebagai repeater wifi, perangkat ini bekerja untuk menangkap lalu kemudian menyebarkan kembali koneksi wifi kamu sehingga memiliki range (baca:jangkauan) yang lebih luas.

Sebuah router wifi (baca:alat untuk menyebarkan koneksi internet via wifi) biasanya hanya mampu menjangkau jarak sekitar 50Meter, dan akan semakin pendek jika terhalang oleh dinding tembok atau sejenisnya. Masalahnya, teras rumah saya yang suasananya asik banget buat nyantai ternyata tidak mendapat cukup sinyal wifi. Padahal, jaraknya hanya sekitar 10Meter dari router.. duh dek, ndak seru ini..

usb wifi+ extender
Repeater wifi atau Wifi extender mini dengan konektor USB

Hingga akhirnya pas lagi buka – buka online shop (kalau ndak salah pas nyari Orange PI) ketemulah sama perangkat mungil ini, Wifi+ labelnya. Langsung saja tanpa pikir panjang, jari telunjuk langsung klik kiri pada tombol add to cart kemudian bayar! Harganya kalau tidak salah sekitar $10 saja, atau sekitar Rp.130.000an (kalau rate dolar ke rupiah 13rb kikikik).

Update :

Eh, ternyata Xiaomi juga punya produk kayak beginian namanya “xiaomi wifi extender amplifier” kalo nggak salah.

Lanjut..

Hari – hari selanjutnya jadi ndak sabar untuk segera mbukak paketan.. hingga akhirnya telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan paket kedepan pintu rumah. Kurirnya dengan senyum khas lalu menyodorkan kertas untuk ditanda tangani, oret – oret – oret…. bongkar!

Langsung baca manual book nya, ndilalah hanya terdapat bahasa cina… yes, untung aku raiso boso cino :mrgreen: mata saya hanya langsung tertuju pada sederet angka yang di sinyalir merupakan alamat IP (192.168.19.252) untuk mengatur Wifi Extender dengan label Wifi+ ini. Setelah colok ke powerbank (ndak dapet adaptor ya, jadi repeater ini bisa digunakan pakai adaptor carger HP ataupun powerbank karena menggunakan konektor USB male) lalu konek ke Wifi+ kemudian buka alamat IP yang tertera di manual book tadi via Chrome. Yak, semudah menghubungkan HP android ke jaringan wifi dan repeater siap digunakan :mrgreen:

repeater wifi murah
Uhuy… sinyal wifi penuh bro

Setelah tiga bulan pemakaian ternyata tidak ada kendala yang berarti, semoga saja awet.. Hehehe… Oiya, usb repeater wifi ini support dengan berbagai macam router lho, hanya saja tidak dapat menghubungkan ke jaringan wifi yang di sembunyikan (hidden SSID) gitu. Dalam kasus ini, router yang saya gunakan adalah Huawei HG553 dengan firmware OpenWrt, sudah dicoba juga di router Movistar ASL-26555 dengan firmware OpenWrt maupun firmware original dan berjalan normal. Sebelumnya saya menggunakan ASL26555 sebagai repeater, bahkan pernah juga oprek Huawei HG553 sebagai repeater, tapi karena sudah punya wifi+ ini akhirnya kedua router tersebut dikembalikan ke fungsi aslinya.

Piye? Masih kehilangan sinyal wifi saat nongkrong di closet? Hahaha…

hidup tanpa wifi

  • Creno

    Om, kasih skrinsut pengaturannya repeater wifinya sekalian, biar tambah jelas, hehe… Untuk fitur spesialnya ada ga om? Thx

    • Dian Ariyanto

      Oke, akan ditambahkan lain waktu. Tidak ada fitur apa2, setelah pertama di konfigurasi setelahnya tidak ada konfigurasi lebih lanjut. Jadi sudah autopilot, konek otomatis dan nyebar wifi otomatis. Gitu,

  • Andik

    Mantap ulasannya..hehe

    • Dian Ariyanto

      Apa kabar om andik? Apa kabar Blogger magetan? Kapan bisa kopdargab lagi :mrgreen:

Bagaimana menurut anda?